Benda-Benda Komunikasi Lawas Ini Kini Ditinggalkan

Teknologi Kian Berkembang, Benda-Benda Komunikasi Lawas Ini Kini Ditinggalkan

Kemajuan teknologi komunikasi memang terus mengalami perkembangan. Maka dari itu, kini diperlukannya alat komunikasi yang diharapkan mampu menembus ruang serta waktu, yang kemudian membuat alat komunikasi yang konvensional menjadi terlupakan. Masyarakat saat ini umumnya telah menggunakan alat komunikasi yang lebih praktis dan juga modern seperti smartphone yang sangat digandrungi saat ini.

Namun, sebelum penggunaan smartphone marak seperti sekarang, sebagian besar dari anda tentu pernah merasakan menggunakan alat komunikasi yang konvensional sebagai media penunjang komunikasi anda dengan teman, keluarga, bahkan pasangan. Berikut adalah beberapa benda atau media komunikasi yang telah menghilang dan tergantikan oleh media komunikasi modern, yaitu :

  • Buku Telepon ( Phonebook )
Buku Telepon ( Phonebook )
jika anda yang lahir tahun 1990 an pasti sudah akrab dengan buku yang satu ini , sudah tidak heran lagi jika buku ini sangat digandrungi oleh anak-anak jaman 90 an .

 

Jaman dulu, anda mungkin pernah mengalami mencatat nomor telepon teman atau kerabat anda untuk dihubungi kemudian hari. Saat itu, mungkin anda mencatat dengan menggunakan buku telepon bukan? Buku telepon merupakan media mencatat nomor telepon yang sangat populer kala itu. Buku telepon biasanya memuat informasi nama, nomor telepon, alamat, hingga email dari seseorang yang namanya dicatat tersebut. Biasanya terdapat juga indeks di bagian kanan sebagai penanda abjad dari nama seseorang yang dicatat.

Namun kini anda bisa mencatat segala informasi yang anda butuhkan tentang telepon seseorang via ponsel pintar. Selain bisa memuat segala informasi, anda bahkan bisa menambahkan foto dari orang yang anda simpan nomor teleponnya di kontak anda.

Canggih ya!

  • Telepon Rumah
Telepon Rumah
sosok yang satu ini merupakan sosok yang sudah sangat digandrungi pada era 1990 , yaa siapa yang tidak tahu dengan film Dilan , namun disini yang kita bahas bukan lah film nya melain kan telepon yang dia gunakan , telepon tersebut pada tahun 1990 menjadi alat komunikasi yang sangat berharga untuk menghubunkan antara diri sendiri dan orang lain . namun telepon ini sudah jarang keluar karena dipikir kurang efisien dan digantikan dengan smartphone yang bisa dibilang lebih maju dalam bidang teknologi .

Sekitar tahun 90 an dulu, menggunakan telepon rumah menjadi hal yang sangat umum bagi seseorang ketika hendak menghubungi kawan atau kerabatnya. Telepon rumah ini memiliki kabel yang mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal suara yang bisa menjadi media berkomunikasi dengan seseorang saat itu. Kini telepon rumah mulai dilupakan, sebab dinilai kurang efisien dengan perkembangan jaman. Selain tidak bisa dibawa kemana-mana, telepon rumah dinilai kurang efisien sebab jika di rumah sedang tidak ada orang, maka telepon tersebut tidak akan diangkat, sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak bisa langsung diterima. Keberadaan telepon rumah ini juga kemudian tergeser dengan adanya ponsel pintar yang lebih praktis dan bisa dibawa kemanapun.

  • Faksimili
masih ada yang inget dengan benda yang satu ini ? ?? ya benda ini adalah benda yang digunakan untuk mengirim dokumen , jika anda yang perna menggunakan benda ini pasti tahu dong permasalahan dan kenangan apa yang didapat 🙂 namun dengan seiring berkembang nya jaman alat yang satu ini sudah mulai ditinggalkan , adanya mail yang mempermudah dalam mengirim FILE , membuat Mail menjadi alat pengirim File yang sangat digemari hingga saat ini .

Di jaman yang belum semodern sekarang, hampir setiap kantor memiliki faksimili. Faksimili memiliki peran mengirimkan suatu dokumen yang kemudian bisa diterima oleh pihak lain, namun pihak lain yang menerima dokumen juga harus memiliki faksimili juga agar bisa membaca file yang dikirimkan. Seiring perkembangan jaman, faksimili kini mulai ditinggalkan. Adanya electronic mail atau email menjadi media yang lebih mudah dalam berkirim file. Selain itu adanya aplikasi whatsapp, line, serta bbm mampu membantu dalam berbagi file melalui smartphone yang anda miliki saat ini tanpa perlu repot-repot mengirim file dengan faksimili.

  • Telepon Umum

Pada awal tahun 2000 an, melihat telepon umum di jalanan menjadi hal yang biasa anda temui. Di beberapa bagian, terdapat jajaran telepon umum yang bisa anda gunakan baik dengan menggunakan uang koin maupun dengan menggunakan kartu telepon. Kini telepon umum memang sudah tidak diminati seperti dulu. Tergesernya telepon umum dengan smartphone menjadikan banyak telepon umum terbengkalai di pinggiran jalan hingga rusak dan tidak bisa digunakan lagi.