Teknologi Gadget Apple dan Inovasi Listrik Bertenaga Energi Matahari

Teknologi Gadget Apple dan Inovasi Listrik Bertenaga Energi Matahari

Apple dan Inovasi Listrik Bertenaga Energi Matahari
Kantor Apple tersebut direncanakan akan menggunakan energi yang diperbaharui yang kemudian juga ditunjang oleh penggunaan panel surya dengan luasan yang cukup besar, yaitu seluas 65 ribu meter persegi.

Anda pasti tidak asing mendengar nama “ Apple “ bukan? Apple merupakan salah satu pemegang pasar terbesar di dunia dalam setiap peluncurannya. Produk Apple ini pun beragam, mulai dari smartphone yaitu Iphone, laptop dengan nama Macbook, dan masih banyak produk Apple lainnya.

Beberapa waktu lalu Apple kembali mendapat predikat sebagai perusahaan teknologi yang  paling ramah lingkungan. Kurang lebih selama tiga tahun secara berturut-turut, dilansir dari  laporan oleh organisasi lingkungan hidup yaitu Greenpeace, perusahaan Apple yang basisnya di Cupertino itu berhasil menduduki peringkat pertama sebagai perusahaan paling ramah lingkungan atau paling “ hijau “.

Bukan hanya Apple saja, tetapi Google serta Facebook juga turut masuk  dalam daftar perusahaan yang paling ramah lingkungan. Kurang lebih sejak 2012 lalu, Apple telah berkomitmen untuk melakukan transisi untuk menjadi perusahaan yang sepenuhnya menggunakan energi yang diperbaharui dalam proses pengoperasian perusahannya.

Langkah bijak tersebut juga berlaku bagi salah satu kantor pusat yang baru saja dibangun. Kantor Apple tersebut direncanakan akan menggunakan energi yang diperbaharui yang kemudian juga ditunjang oleh penggunaan panel surya dengan luasan yang cukup besar, yaitu seluas 65 ribu meter persegi.

Apple juga memiliki peran dalam mendorong penggunaan energi yang terbaharukan dalam rantai produksi atau pasokan milik Apple. Hal ini tidak hanya dilakukan sendiri, namun juga dilakukan bersama dengan beberapa anggota pemasok komponen untuk menunjang produk milik Apple.

Kini, sehak Apple berada di bawah kepemimpinan Tim Cook, Apple mengalami transformasi menjadi salah satu perusahaan yang sangat peduli dengan isu-isu lingkungan yang berkembang. Sebelumnya, Apple juga telah melakukan langkah bijak dan strategis terhadap salah satu pabrik rekanan di kawasan Tiongkok untuk mengurangi emisi gas karbon sebagai salah satu bentuk peduli perusahaan Apple terhadap isu lingkungan.

Bukan hanya pabrik atau tempat produksinya saja yang mengusung konsep tamah lingkungan. Beberapa Apple Store pun tidak luput dari keputusan perusahaan Apple. Salah satu Apple Store yang berlokasi di kawasan Singapura, yang juga merupakan store Apple pertama di kawasan Asia Tenggara ini juga diminta untuk mengusung konsep yang ramah lingkungan di store nya. Untuk mendukung konsep tersebut, Apple Store di Singapura ini berubah menjadi salah satu toko yang sepenuhnya beroperasi dengan menggunakan energi matahari dalam tiap kegiatannya.

Bukan itu saja, bahkan pasokan energi matahari yang kemudian diubah menjadi tenaga listrik tersebut telah diproyeksikan menjadi salah satu lini bisnis tersendiri yang menarik dari Apple. Dengan melalui anak perusahaan yang kemudian diberi nama Apple Energi LLC ini, perusahaan Apple memiliki rencana untuk menjual daya listrik dengan tenaga matahari ini ke tengah pasar Amerika Serikat. Wah sungguh inovatif ya. Apple memang dikenal memiliki segudang inovasi dalam ciptaan produknya dan selalu memberikan kesan premium bagi tiap produk yang diluncurkan, baik itu Iphone, Macbook, atau pun produk keluaran Apple lainnya. Inovatif dan berteknologi tinggi memang menjadi dua kata yang cocok untuk menggambarkan Apple Inc.