Teknologi Canggih Pada Mobil di 2018

Teknologi Canggih Pada Mobil di 2018

Mobil adalah salah satu  kendaraan dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Berbagai evolusi teknologi terbaru senantiasa diterapkan oleh para produsen mobil guna meningkatkan kemudahan, kenyamanan, serta keamanan pengguna dalam berkendara dijalanan. Berikut adalah teknologi mobil yang menjadi tren di tahun 2018 :

  1. Asisten Suara
Asisten Suara voice pada mobil
pengembangan teknologi ini dimulai sejak tahun 1961, yaitu dengan diperkenalkannya IBM Shoebox sebagai digital speech recognition tool (alat pengenalan ucapan digital) pertama di dunia.

Teknologi voice assistant atau asisten suara sudah cukup lama diperkenalkan. Dilihat dari sejarahnya, pengembangan teknologi ini dimulai sejak tahun 1961, yaitu dengan diperkenalkannya IBM Shoebox sebagai digital speech recognition tool (alat pengenalan ucapan digital) pertama di dunia.

Perkembangan yang  signifikan ini dimulai dengan hadirnya Siri di iOS Apple pada 2011. Saat ini, Siri menjadi salah satu fitur yang utama di dalam produk iPhone. Teknologi ini pun kian menjamur dengan diikuti berbagai pengembang sistem operasi serta  produsen teknologi lain seperti Google Now, Microsoft Cortana, juga Amazon Alexa.

Produsen mobil pun turut menerapkan teknologi ini. Ford serta BMW menjalin kerjasama dengan Amazon guna mengintegrasikan Alexa pada mobil yang dibuatnya.. Hyundai juga berencana melakukan kerja sama dengan SoundHood guna mengembangkan asisten suara miliknya pribadi.  Mercedes Benz juga tengah mengembangkan MBUX yang telah diperkenalkan di ajang CES (Consumer Electronics Show) di awal 2018.

 

  1. Mobil Ramah Lingkungan
Mobil Ramah Lingkungan
Didukung oleh tenaga, kecepatan, spesifikasi, serta bentuk yang mirip dengan mobil sport umumnya, mobil sport Tesla diklaim memiliki bobot lebih ringan serta harga yang terjangkau.

Pentingnya menjaga lingkungan hidup menjadi perhatian bagi sebagian orang. Salah satunya yaitu penerapan mobil ramah lingkungan, misalnya mobil hybrid juga mobil listrik. Kini hampir semua produsen mobil telah memiliki varian mobil hybrid ataupun mobil elektrik dalam produknya. Selain itu, mobil bebas polusi yang menggunakan bahan bakar hidrogen juga menjadi tren kini.

Pengembangan teknologi mobil elektrik yang kian canggih diprediksi mampu menggantikan mobil dengan bahan bakar minyak. Salah satu produsen mobil elektrik milik bermerek Tesla juga berhasil menciptakan mobil sport dengan tenaga listrik. Didukung oleh tenaga, kecepatan, spesifikasi, serta bentuk yang mirip dengan mobil sport umumnya, mobil sport Tesla diklaim memiliki bobot lebih ringan serta harga yang terjangkau. Salah satu varian Tesla, yaitu Roadster 2 mampu meraih titel mobil tercepat di dunia dengan mengalahkan mobil Bugatti Chiron.

  1. Teknologi DDREM Pendeteksi Sopir Mengantuk
Teknologi DDREM Pendeteksi Sopir Mengantuk
Teknologi DDREM ini memungkinkan mobil untuk menepi otomatis jika pengemudi terindikasi mengantuk atau tertidur

Departed Driver Rescue & Exit Maneuver (DDREM) dikembangkan Hyundai Mobis, anak perusahaan Hyundai Motor Company yang memproduksi komponen serta mengembangkan sistem untuk produk mobil Hyundai.

Teknologi ini memungkinkan mobil untuk menepi otomatis jika pengemudi terindikasi mengantuk atau tertidur. DDREM terdiri dari beberapa langkah. Pertama, kamera inframerah yang memindai pergerakan wajah serta mata guna menentukan apa pengemudi menatap ke depan, mengubah pola berkedip hingga menunjukkan tanda kantuk lain.

Kedua, teknologi ini mendeteksi pergerakan mobil. Jika pengemudi bergerak masuk atau keluar dari jalur, melintasi jalur dengan zig-zag, hingga membuat gerakan mengemudi yang tak konsisten seperti  seseorang yang mengantuk.

Ketiga, sistem DDREM memastikan bahwa si pengemudi benar-benar mengantuk atau tertidur, maka sistem ini akan bekerja serta langsung terintegrasi dengan sistem dan perangkat lainnya, termasuk GPS, radar, kamera, hingga sistem pengereman juga power steering elektronik. Tujuannya yaitu mengambil alih kemudi otomatis guna mencari tempat yang aman kemudian berhenti.

  1. Teknologi Vehicle-to-Vehicle : Mobil Saling Berbicara

Teknologi Vehicle-to-Vehicle : Mobil Saling Berbicara

Pembicaraan yang terjadi yaitu pertukaran informasi antara kendaraan satu dengan yang lain mengenai kondisi jalanan, cuaca, kemacetan, hingga kecelakaan.

Komunikasi antar mobil dengan menggunakan koneksi Wi-Fi juga terintegrasi dengan sistem yang ada di dalam mobil. Teknologi ini sangat bermanfaat guna mengetahui kondisi jalanan yang akan dilewati, serta menghindari kecelakaan.

 

  1. Teknologi Self-Parking

Teknologi Self-Parking

Teknologi parkir otomatis bukan merupakan hal baru. Teknologi ini dimaksudkan guna memudahkan para pengemudi agar parkir dengan mudah,, terutama jika lahannya sempit serta sulit, atau jika si pengemudi adalah seorang pemula dan baru belajar cara mengendarai mobil.

Terdapat beberapa jenis dalam teknologi self-parking, tergantung pada tipe juga merk mobil. Ada yang memandu pengemudi agar memarkirkan mobil dengan tepat, ada juga yang secara penuh mengambil alih kemudi serta memarkirkan mobil otomatis tanpa perlu dikemudikan.