Teknologi sensor

Inovasi Signifikan Pada Teknologi Pertanian

Ketika diminta untuk berbicara mengenai pertanian, maka hal pertama yang terlintas pasti berkaitan dengan pasokan bahan pangan, sayur mayur, buah-buahan, organik, padi, dan banyak hal lain yang berkaitan dengan pertanian. Bahan pangan ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang menjadi hak mutlak untuk dipenuhi. Bahan pangan ini menjadi kebutuhan dasar dari manusia yang memang tidak bisa dikesampingkan keberadaannya.

Pertumbuhan populasi manusia yang kian pesat ini mendorong pertumbuhan bahan pangan yang harus bisa mengimbanginya. Semakin banyak populasinya, maka semakin banyak pula bahan pangan yang harus disediakan. Permintaan akan bahan pangan pun cenderung meningkat dengan sangat pesat. Tentunya pertanian butuh inovasi dalam perkembangannya. Nah, bagaimanakah inovasi dari dunia pertanian agar kebutuhan bahan pangan dapat terpenuhi dengan baik?

Menanggapi masalah yang tengah berkembang tersebut, beberapa teknologi terkini di lingkungan pertanian mulai dikembangkan. Tujuan utama inovasi ini yaitu untuk menciptakan produksi pangan yang lebih berkualitas dan juga baik bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa pengembangan teknologi pertanian guna mencapai tujuan agar kebutuhan pangan terpenuhi, yaitu:

  • Teknologi mengenai otomasi pertanian

Teknologi mengenai otomasi pertanian

teknologi ini awalnya dikambangkan sejak otomasi traktor mencuat, sekitar tahun 1997. Dalam penerapannya, teknologi otomasi pertanian ini juga melibatkan penggunaan komputer serta penggunaan latar penunjang pertanian seperti misalnya traktor. Kini penerapan otomasi pertanian yang lebih kompleks tengah dikembangkan di negara Belanda.

Eldert Van Henten, seorang pengembang teknologi pertanian juga mengembangkan teknologi alat panen otomatis. Alat yang ia kembangkan dapat mendeteksi kapan buah atau sayur layak untuk dipetik, sehingga bisa dipanen di waktu terbaiknya. Alat yang ia kembangkan kemudian ia pasang di buah yang hendak ia teliti. Alat tersebut dilengkapi dengan kamera yang mampu mendeteksi kombinasi warna pada buah-buahan. Ketika data menunjukkan bahwa buah yang ia teliti telah matang, kemudian alat tersebut akan memanen buah dalam waktu sekitar 2 detik. Data ini dapat disambungkan dengan smartphone yang anda miliki. Teknologi ini membantu kualitas buah yang anda panen menjadi lebih terjaga dan hasilnya lebih maksimal.

  • Teknologi sensor
Teknologi mengenai otomasi pertanian
seiring dengan berkembang nya jaman , sekarang sudah ada teknologi yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dikarenakan lebih kompleks ya guyss

Teknologi sensor kini semkain meluas, bahkan hingga mencakup dunia pertanian, mulai dari peternakan hingga dunia holtikultura. Teknologi sensor ini mampu memberikan hasil yang sangat konkrit, dan efisine bagi para petani. Saat ini teknologi yang tengah dikembangkan yaitu teknologi sensor dengan menggunakan drone untuk mendapatkan segala data yang dibutuhkan dalam pertanian. Data tersebut misalnya data tentang penyakit pada tumbuhan, data mengenai hama, juga permasalahan tumbuhan lainnya. Teknologi ini mampu meminimalisir penggunaan pestisida terhadap tanaman sebab segala penyakit tanaman dapat dicegah sehingga tidak memerlukan pestisida. Ini juga akan berefek baik bagi kesehatan masyarakat.

Demikian adalah beberapa inovasi dari dunia pertanian. Bagaimana menurut anda? Tentu hal ini sangat membantu dalam perkembangan pertanian dan menjamin ketersediaan bahan pangan sehingga tidak akan ada yang mengalami kekurangan pangan. Selain itu, teknologi ini dapat membantu mengurangi efek buruk dari penggunaan pestisida pada tanaman sehingga lingkungan lebih terjaga, kesehatan anda sebagai pihak yang mengkonsumsi pun dapat lebih terjaga. Semoga inovasi dibidang pertanian dapat terus berkembang dan menjadikan negara ini sebagai salah satu penghasil bahan pangan dengan kualitas terbaik.